Kamis, 09 Mei 2013

LANGKAH-LANGKAH PENYIAPAN DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST



LANGKAH-LANGKAH PENYIAPAN DAN PENGGUNAAN
MEDIA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST
Di ajukan untuk memenuhi persyaratan mata kuliah
Pembelajaran Qur’an Hadist
DOSEN PENGAMPU :
M. Yunus,S.Ag,M.Ag



 





DI SUSUN OLEH :
Kelompok 9
Chika Anjar Sari
Isro’i
Nurul Aulia


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
AULIAURRASYIDIN TEMBILAHAN
TAHUN 2012/2013

KATA PENGATAR

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT,karena dengan izin dan ridho-Nya makalah yang sangat sederhana  ini dapat penulis rampungkan.
Sholawat dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW. yang telah membawa kedamaian dan rahmat bagi semesta alam,yang membuat dunia ini terang gemilang dengan ilmu pengetahuan.
Ucapan terima kasih tak lupa penulis ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah ini,baik dari segi materi,tenaga dan do’a.Penulis menyadari bahwa dalam makalah ini tentunya banyak terdapat kesalahan dan kesilafan.Untuk itu penulis minta ma’af sebesar-besarnya.
Kami berharap makalah ini sedikit banyaknya memberikan manfaat khususnya bagi penyusun sendiri umumnya bagi semuanya.
Akhirnya kepada Allah jua penyusun memohon ampun, kalau sampai terjadi kesalahan dan kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Besar harapan kami atas masukan guna perbaikan isi materi dari makalah ini.
Semoga apa yang kami susun bermanfaat.
Amiiin ya Robal’alamin. . . . . . . .
                                                                                                    Sungai Luar, 10 Desember 2012
                                                                                                                    Kelompok 9


i
DAFTAR ISI

Kata pengantar............................................................................................. i
Daftar isi...................................................................................................... ii

BAB I      PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang...................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah................................................................. 2
C.     Tujuan Penulisan................................................................... 2

BAB II    PEMBAHASAN
A.    Pengertian media pembelajaran............................................. 3
B.     Penggunaan media pembelajaran.......................................... 3
C.     Langkah-langkah penggunaan media pembelajaran.............. 4



BAB III   PENUTUP
A.    Kesimpulan............................................................................ 8
B.     Saran...................................................................................... 8

Daftar Pustaka
                       


ii


BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar belakang masalah

Pembelajaran merupakan aktivitas dan proses yang sistematis dan sistemik yang terdiri dari beberapa komponen yaitu : guru, kurikulum, anak didik, fasilitas dan administrasi. Masing-masing komponen tidak bersifat parsial (terpisah) atau berjalan sendiri-sendiri, tetapi harus berjalan secara teratur, saling bergantung, komplementer dan berkesinambungan. Untuk itu diperlukan rancangan dan pengelolaan belajar yang baik yang dikembangkan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.
Pada sisi lain, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses pembelajaran. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat atau media yang digunakan dalam pembelajaran, disamping itu guru mampu menggembangkan ketrampilan membuat media pembelajaran yang akan digunakannya apabila media tersebut belum tersedia di sekolah.
Kenyataannya di atas menuntut guru di dalam melaksanakan tugasnya sebagai perancang maupun pengelola pembelajaran untuk memiliki ketrampilan dalam menyusun rencana pengajaran maupun melakukan interaksi dengan anak didik, mengelola kelas, menggunakan sumber belajar termasuk didalamnya menggunakan media pembelajaran. Untuk itu guru yang profesional memerlukan pemahaman mengenai ilmu yang mendasari profesinya. Guru setidak-tidaknya memiliki pengetahuan tentang karakteristik anak didik, mengetahui teori belajar, rancangan pembelajaran, penyajian bahan ajar, penguasaan terhadap penggunaan media pembelajaran dan melakukan penilaian hasil belajar.
Selanjutnya efektivitas pembelajaran juga berhubungan dengan kompetensi yang berupa kemampuan menggunakan media pembelajaran yang yang menunjang persiapan serta pelaksanaan tugas sebagai pendidik. Anak didik belajar dari gurunya bukan saja dari apa yang secara langsung diajarkan, tetapi juga dari media pembelajaran yang terlihat saat yang bersangkutan melaksanakan proses belajar mengajar.
1
Guru yang mengharapkan proses dan hasil pembelajaran supaya efektif, efisien dan berkualitas, semestinya memperhatikan faktor media pembelajaran yang keberadaannya memiliki peranan sangat penting. Media pembelajaran memiliki nilai praktis dan fungsi yang besar bagi pelaksanaan pembelajaran.
B.     Rumusan masalah
1.      Apa saja  langkah-langkah penyiapan media pembelajaran Qur’an Hadist?
2.      Bagaimana penggunaan media pembelajaran Qur’an Hadist?

C.     Tujuan pembahasan
1.      Mengetahui pengertian media pembelajaran
2.      Mengetahui penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran Qur’an Hadist.


















2
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian media pembelajaran

Kata media berasal dari bahasa latin yaitu jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan (Sadiman, 2002: 6). Menurut EACT yang dikutip oleh Rohani (1997 : 2) “media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi”. Sedangkan pengertian media menurut Djamarah (1995 : 136) adalah “media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai Tujuan pembelajaran”. Selanjutnya ditegaskan oleh Purnamawati dan Eldarni (2001 : 4) “media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar”.

B.     Penggunaan media pembelajaran

Media pembelajaran yang telah dipilih agar dapat digunakan secara efektif dan efisien perlu menempuh langkah-langkah secara sistematis. Ada tiga langkah yang pokok yang dapat dilakukan yaitu persiapan, pelaksanaan/penyajian, dan tindak lanjut.

1. Persiapan
Persiapan maksudnya kegiatan dari seorang tenaga pengajar yang akan mengajar dengan menggunakan media pembelajaran. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan tenaga pengajar pada langkah  persiapan diantaranya: a) membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sebagaimana bila akan mengajar seperti biasanya. Dalam rencana pelaksanaan pembelajaran mencantumkan media yang akan digunakan. b) mempelajari buku petunjuk atau bahan penyerta  yang telah disediakan, c) menyiapkan dan mengatur peralatan yang akan digunakan agar dalam pelaksanaannya nanti tidak terburu-buru dan mencari-cari lagi serta peserta didik dapat melihat dan mendengar dengan baik.

2.    Pelaksanaan/Penyajian
Tenaga Pengajar pada saat melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran perlu mempertimbangkan seperti: a) yakinkan bahwa semua media dan peralatan telah lengkap dan siap untuk digunakan. b) jelaskan tujuan yang akan dicapai, c) jelaskan lebih
3
dahulu apa yang harus dilakukan oleh peserta
didik selama proses pembelajaran, d) hindari kejadian-kejadian yang sekiranya dapat mengganggu perhatian/konsentrasi, dan ketenangan  peserta didik.

3. Tindak lanjut
Kegiatan ini perlu dilakukan untuk memantapkan pemahaman peserta didik tentang materi yang dibahas dengan menggunakan media. Disamping itu kegiatan ini dimaksudkan untuk mengukur efektivitas pembelajaran yang telah dilakukannya.


C.     Langkah-langkah penggunaan media pembelajaran  Al-Qur’an Hadist

Langkah-langkah penggunaan media pembelajaran  adalah  sebagai berikut:
1.      Media Visual
a.       Media gambar diam
1)      Membuat rencana pembelajaran dan penentuan media (media gambar diam)
2)      Mempelajari bahan/materi yang akan disampaikan. Contoh: gambar-gambar,karikatur,dll.
3)      Menyiapkan segala peralatan atau media yang akan digunakan, sehingga pada saatnya tidak terburu-buru sehingga penyampaian dapat dilakukan dengan baik. Sebaiknya media gambar ditempatkan dibagian depan dan dapat dilihat dengan jelas oleh siswa yang duduk dibaris paling belakang. Selain itu juga dengan variasi yang menarik minat siswa.
4)      Menjelaskan kepada siswa tujuan yang akan dicapai
5)      Menyiapkan peserta didik kemudian menjelaskan kepada peserta didik apa yang harus mereka lakukan pada saat pembelajaran
6)      Setelah persiapan selesai, baru memulai pembelajaran
7)      Menjelasakan setiap bagian-bagian dari media.
8)      Setelah penyampaian materi selesai, guru bersama siswa secara bersama mengulas kembali materi yang telah dipelajari bersama kemudian menyimpulkan.
b.      Media papan
1)      Membuat rencana pembelajaran dan penentuan media (papan)
2)      Mempelajari bahan/materi yang akan disampaikan.
4
3)      Menyiapkan segala sesuataunya, sehingga pada saatnya tidak terburu-buru sehingga penyampaian materi dapat dilakukan dengan maksimal. Untuk media papan sebaiknya dibentuk memanjang atau melebar dan dengan ukuran yang tidak terlalu kecil maupun terlalu besar.
4)      Menjelsakan kepada siswa tujuan yang akan dicapai
5)      Menyiapkan siswa kemudian menjelaskan kepada siswa apa yang harus mereka lakukan pada saat pembelajaran
6)      Setelah segala persiapan selesai baik dari siswa, media, bahan dan guru. Barulah guru memulai pelajaran
7)      Menjelaskan setiap bagian media atau menggunakan media untuk meyakinkan peserta didik tentang apa yang guru sampaikan sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan guru.
8)      Setelah penyampaian materi selesai, guru bersama siswa secara bersama mengulas kembali materi yang telah dipelajari bersama kemudian menyimpulkan.
c.       Media proyeksi
1)      Memahami materi/bahan yang akan dipelajari
2)      Membuat slide atau film yang akan digunakan sebagai media pembelajaran, sebaiknya media proyeksi dapat dilihat dengan jelas oleh seluruh siswa
3)      Menyiapkan proses belajar mengajar
4)      Mencoba dan memastikan media berjalan dengan baik
5)      Menyiapkan siswa kemudian menjelaskan kepada siswa apa yang harus mereka lakukan pada saat pembelajaran
6)      Setelah segala persiapan selesai baik dari siswa, media, bahan dan guru. Barulah guru memulai pelajaran
7)      Mulai menggunakan media
8)      Setelah penyampaian materi selesai, guru bersama siswa secara bersama mengulas kembali materi yang telah dipelajari bersama kemudian menyimpulkan.
2.      Media Audio
1)      Guru memahami materi /bahan ajar yang akan disampaikan
2)      Guru memilih media yang sesuai dengan materi/bahan ajar

5
3)      Guru membuat media dengan cara merekam pada type recorder atau merekam percakapan, sebaiknya dalam membuat media audio, media harus dapat didengar oleh seluruh siswa namun tidak terlalu keras
4)      Menyiapkan proses belajar mengajar
5)      Mencoba dan memastikan media berjalan sesuai dengan harapan
6)      Menyiapkan siswa kemudian menjelaskan kepada siswa apa yang harus mereka lakukan pada saat pembelajaran
7)      Setelah segala persiapan selesai baik dari siswa, media, bahan dan guru. Barulah guru memulai pelajaran
8)      Guru mulai menggunakan media sambil mengawasi jalanya media
9)      Setelah penyampaian materi selesai, guru bersama siswa secara bersama mengulas kembali materi yang telah dipelajari bersama kemudian menyimpulkan.
3.      Media Audio Visual
1)      Guru memahami materi/bahan ajar yang akan disampaikan
2)      Guru memilih media yang akan digunakan,Misal vidio
3)      Guru membuat media yang sesuai dengan materi/bahan ajar, media ini hendaknya memiliki suara yang dapat didengar oleh seluruh sisiwa dan gambar yang dapat dilihat oleh seluruh siswa
4)      Menyiapkan proses belajar
5)      Memastikan media berjalan sesuai dengan harapan
6)      Menyiapkan siswa kemudian menjelaskan kepada siswa apa yang harus mereka lakukan pada saat pembelajaran
7)      Setelah segala persiapan selesai baik dari siswa, media, bahan dan guru. Barulah guru memulai pelajaran
8)      Guru mulai menggunkan media
9)      Setelah penyampaian materi selesai, guru bersama siswa secara bersama mengulas kembali materi yang telah dipelajari bersama kemudian menyimpulkan.
4.      Media Asli dan Orang
1)      Guru memahami materi/bahan ajar yang akan disampaikan
2)      Guru memilih media yang akan dipakai, guru juga dapat menggunakan dirinya sendiri sebagai media atau meminta bantuan siswa
6
3)      Menyiapkan proses belajar
4)      Menyiapkan siswa kemudian menjelaskan kepada siswa apa yang harus mereka lakukan pada saat pembelajaran
5)      Setelah segala persiapan selesai baik dari siswa, media, bahan dan guru. Barulah guru memulai pelajaran
6)      Guru mulai menggunakan media
7)      Setelah penyampaian materi selesai, guru bersama siswa secara bersama mengulas kembali materi yang telah dipelajari bersama kemudian menyimpulkan.





























7
BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Tidak diragukan lagi kita semua dapat sepakat bahwa media itu perlu dalam pembelajaran. Kalau sampai hari ini masih ada yang belum menggunakan media, itu hanya perlu sedikit perubahan sikap. Dalam memilih media, perlu disesuaikan dengan kebutuhan, situasi dan kondisi masing-masing.
Kelancaran dan efektivitas pembelajaran antara lain didukung oleh kehadiran alat bantu/media/sumber belajar yang tersedia. Ketersediaan alat bantu/media/sumber belajar memungkinkan siswa dapat belajar lebih baik, lebih intensif, dan lebih banyak potensi yang dapat dikembangkan. Oleh karena itu, alat bantu/media/sumber belajar perlu dihadirkan dengan tepat dan seorang guru harus mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran.

B.     Saran

Seorang pendidik yang professional kita harus mengetahui apa itu media dan bagaimana penggunaan media dalam pmbelajaran Qur’an Hadist.



















8


DAFTAR PUSTAKA


Arsad Azhar, 2008, Media Pembelajaran ,Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Bahri Djamarah dan Aswan Zain, 2006, Strategi Belajar Mengajar ,Jakarta: PT Rineka Cipta

Www.Google.co.id



Tidak ada komentar:

Posting Komentar