LANGKAH-LANGKAH PENYIAPAN DAN PENGGUNAAN
MEDIA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST
Di ajukan untuk
memenuhi persyaratan mata kuliah
Pembelajaran Qur’an
Hadist
DOSEN
PENGAMPU :
M.
Yunus,S.Ag,M.Ag
DI SUSUN OLEH :
Kelompok
9
Chika
Anjar Sari
Isro’i
Nurul Aulia
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
AULIAURRASYIDIN TEMBILAHAN
TAHUN 2012/2013
KATA PENGATAR
Segala
puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT,karena dengan izin dan
ridho-Nya makalah yang
sangat sederhana
ini dapat penulis rampungkan.
Sholawat dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada junjungan Nabi
Muhammad SAW. yang telah membawa kedamaian dan rahmat bagi semesta alam,yang
membuat dunia ini terang gemilang dengan ilmu pengetahuan.
Ucapan terima kasih tak
lupa penulis ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu menyelesaikan makalah
ini,baik dari segi materi,tenaga dan do’a.Penulis menyadari bahwa dalam makalah
ini tentunya banyak terdapat kesalahan dan kesilafan.Untuk itu penulis minta
ma’af sebesar-besarnya.
Kami berharap makalah ini sedikit banyaknya memberikan manfaat
khususnya bagi penyusun sendiri umumnya bagi semuanya.
Akhirnya kepada Allah jua penyusun memohon ampun, kalau sampai
terjadi kesalahan dan kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Besar harapan
kami atas masukan guna perbaikan isi materi dari makalah ini.
Semoga
apa yang kami susun bermanfaat.
Amiiin ya Robal’alamin. . . . . . . .
Sungai
Luar, 10 Desember 2012
Kelompok
9
i
DAFTAR ISI
Kata
pengantar.............................................................................................
i
Daftar
isi......................................................................................................
ii
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang......................................................................
1
B.
Rumusan Masalah.................................................................
2
C.
Tujuan Penulisan...................................................................
2
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pengertian media pembelajaran............................................. 3
B.
Penggunaan
media pembelajaran..........................................
3
C.
Langkah-langkah
penggunaan media pembelajaran..............
4
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan............................................................................
8
B.
Saran......................................................................................
8
Daftar Pustaka
ii
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang masalah
Pembelajaran
merupakan aktivitas dan proses yang sistematis dan sistemik yang terdiri dari
beberapa komponen yaitu : guru, kurikulum, anak didik, fasilitas dan
administrasi. Masing-masing komponen tidak bersifat parsial (terpisah) atau
berjalan sendiri-sendiri, tetapi harus berjalan secara teratur, saling
bergantung, komplementer dan berkesinambungan. Untuk itu diperlukan rancangan
dan pengelolaan belajar yang baik yang dikembangkan dalam rangka mencapai
tujuan pembelajaran.
Pada
sisi lain, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong
upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses
pembelajaran. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat atau media
yang digunakan dalam pembelajaran, disamping itu guru mampu menggembangkan
ketrampilan membuat media pembelajaran yang akan digunakannya apabila media
tersebut belum tersedia di sekolah.
Kenyataannya
di atas menuntut guru di dalam melaksanakan tugasnya sebagai perancang maupun
pengelola pembelajaran untuk memiliki ketrampilan dalam menyusun rencana
pengajaran maupun melakukan interaksi dengan anak didik, mengelola kelas,
menggunakan sumber belajar termasuk didalamnya menggunakan media pembelajaran.
Untuk itu guru yang profesional memerlukan pemahaman mengenai ilmu yang
mendasari profesinya. Guru setidak-tidaknya memiliki pengetahuan tentang
karakteristik anak didik, mengetahui teori belajar, rancangan pembelajaran,
penyajian bahan ajar, penguasaan terhadap penggunaan media pembelajaran dan
melakukan penilaian hasil belajar.
Selanjutnya
efektivitas pembelajaran juga berhubungan dengan kompetensi yang berupa
kemampuan menggunakan media pembelajaran yang yang menunjang persiapan serta
pelaksanaan tugas sebagai pendidik. Anak didik belajar dari gurunya bukan saja
dari apa yang secara langsung diajarkan, tetapi juga dari media pembelajaran
yang terlihat saat yang bersangkutan melaksanakan proses belajar mengajar.
1
Guru
yang mengharapkan proses dan hasil pembelajaran supaya efektif, efisien dan
berkualitas, semestinya memperhatikan faktor media pembelajaran yang
keberadaannya memiliki peranan sangat penting. Media pembelajaran memiliki
nilai praktis dan fungsi yang besar bagi pelaksanaan pembelajaran.
B.
Rumusan masalah
1.
Apa saja langkah-langkah penyiapan media pembelajaran
Qur’an Hadist?
2.
Bagaimana penggunaan media
pembelajaran Qur’an Hadist?
C.
Tujuan pembahasan
1.
Mengetahui pengertian media
pembelajaran
2.
Mengetahui penggunaan media
pembelajaran dalam pembelajaran Qur’an Hadist.
2
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian media pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa latin yaitu jamak dari kata
medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Media adalah
perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan (Sadiman, 2002:
6). Menurut EACT yang dikutip oleh Rohani (1997 : 2) “media adalah segala
bentuk yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi”. Sedangkan
pengertian media menurut Djamarah (1995 : 136) adalah “media adalah alat bantu
apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai Tujuan pembelajaran”.
Selanjutnya ditegaskan oleh Purnamawati dan Eldarni (2001 : 4) “media adalah
segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke
penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat
siswa
sedemikian rupa sehingga terjadi proses
belajar”.
B.
Penggunaan media pembelajaran
Media pembelajaran yang telah dipilih agar dapat
digunakan secara efektif dan efisien perlu menempuh langkah-langkah secara
sistematis. Ada tiga langkah yang pokok yang dapat dilakukan yaitu persiapan,
pelaksanaan/penyajian, dan tindak lanjut.
1. Persiapan
Persiapan maksudnya kegiatan dari seorang tenaga pengajar yang akan
mengajar dengan menggunakan media pembelajaran. Kegiatan-kegiatan yang dapat
dilakukan tenaga pengajar pada langkah
persiapan diantaranya: a) membuat rencana pelaksanaan pembelajaran
sebagaimana bila akan mengajar seperti biasanya. Dalam rencana pelaksanaan
pembelajaran mencantumkan media yang akan digunakan. b) mempelajari buku
petunjuk atau bahan penyerta yang telah
disediakan, c) menyiapkan dan mengatur peralatan yang akan digunakan agar dalam
pelaksanaannya nanti tidak terburu-buru dan mencari-cari lagi serta peserta
didik dapat melihat dan mendengar dengan baik.
2. Pelaksanaan/Penyajian
Tenaga Pengajar pada saat melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan
media pembelajaran perlu mempertimbangkan seperti: a) yakinkan bahwa semua
media dan peralatan telah lengkap dan siap untuk digunakan. b) jelaskan tujuan
yang akan dicapai, c) jelaskan lebih
3
dahulu apa yang harus dilakukan oleh peserta
didik selama proses pembelajaran, d) hindari kejadian-kejadian yang
sekiranya dapat mengganggu perhatian/konsentrasi, dan ketenangan peserta didik.
3. Tindak
lanjut
Kegiatan ini perlu dilakukan untuk memantapkan pemahaman
peserta didik tentang materi yang dibahas dengan menggunakan media. Disamping
itu kegiatan ini dimaksudkan untuk mengukur efektivitas pembelajaran yang telah
dilakukannya.
C.
Langkah-langkah penggunaan media
pembelajaran Al-Qur’an Hadist
Langkah-langkah penggunaan media pembelajaran adalah sebagai berikut:
1.
Media Visual
a. Media gambar diam
1) Membuat rencana pembelajaran dan
penentuan media (media gambar diam)
2) Mempelajari bahan/materi yang akan
disampaikan. Contoh: gambar-gambar,karikatur,dll.
3) Menyiapkan segala peralatan atau
media yang akan digunakan, sehingga pada saatnya tidak terburu-buru sehingga
penyampaian dapat dilakukan dengan baik. Sebaiknya media gambar ditempatkan
dibagian depan dan dapat dilihat dengan jelas oleh siswa yang duduk dibaris
paling belakang. Selain itu juga dengan variasi yang menarik minat siswa.
4) Menjelaskan kepada siswa tujuan yang
akan dicapai
5) Menyiapkan peserta didik kemudian
menjelaskan kepada peserta didik apa yang harus mereka lakukan pada saat
pembelajaran
6) Setelah persiapan selesai, baru
memulai pembelajaran
7) Menjelasakan setiap bagian-bagian
dari media.
8) Setelah penyampaian materi selesai,
guru bersama siswa secara bersama mengulas kembali materi yang telah dipelajari
bersama kemudian menyimpulkan.
b. Media papan
1) Membuat rencana pembelajaran dan
penentuan media (papan)
2) Mempelajari bahan/materi yang akan
disampaikan.
4
3) Menyiapkan segala sesuataunya,
sehingga pada saatnya tidak terburu-buru sehingga penyampaian materi dapat
dilakukan dengan maksimal. Untuk media papan sebaiknya dibentuk memanjang atau
melebar dan dengan ukuran yang tidak terlalu kecil maupun terlalu besar.
4) Menjelsakan kepada siswa tujuan yang
akan dicapai
5) Menyiapkan siswa kemudian
menjelaskan kepada siswa apa yang harus mereka lakukan pada saat pembelajaran
6) Setelah segala persiapan selesai
baik dari siswa, media, bahan dan guru. Barulah guru memulai pelajaran
7) Menjelaskan setiap bagian media atau
menggunakan media untuk meyakinkan peserta didik tentang apa yang guru
sampaikan sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan guru.
8) Setelah penyampaian materi selesai,
guru bersama siswa secara bersama mengulas kembali materi yang telah dipelajari
bersama kemudian menyimpulkan.
c. Media proyeksi
1) Memahami materi/bahan yang akan
dipelajari
2) Membuat slide atau film yang akan
digunakan sebagai media pembelajaran, sebaiknya media proyeksi dapat dilihat
dengan jelas oleh seluruh siswa
3) Menyiapkan proses belajar mengajar
4) Mencoba dan memastikan media
berjalan dengan baik
5) Menyiapkan siswa kemudian
menjelaskan kepada siswa apa yang harus mereka lakukan pada saat pembelajaran
6) Setelah segala persiapan selesai
baik dari siswa, media, bahan dan guru. Barulah guru memulai pelajaran
7) Mulai menggunakan media
8) Setelah penyampaian materi selesai,
guru bersama siswa secara bersama mengulas kembali materi yang telah dipelajari
bersama kemudian menyimpulkan.
2.
Media Audio
1) Guru memahami materi /bahan ajar
yang akan disampaikan
2) Guru memilih media yang sesuai
dengan materi/bahan ajar
5
3) Guru membuat media dengan cara
merekam pada type recorder atau merekam percakapan, sebaiknya dalam membuat
media audio, media harus dapat didengar oleh seluruh siswa namun tidak terlalu
keras
4) Menyiapkan proses belajar mengajar
5) Mencoba dan memastikan media
berjalan sesuai dengan harapan
6) Menyiapkan siswa kemudian
menjelaskan kepada siswa apa yang harus mereka lakukan pada saat pembelajaran
7) Setelah segala persiapan selesai
baik dari siswa, media, bahan dan guru. Barulah guru memulai pelajaran
8) Guru mulai menggunakan media sambil
mengawasi jalanya media
9) Setelah penyampaian materi selesai,
guru bersama siswa secara bersama mengulas kembali materi yang telah dipelajari
bersama kemudian menyimpulkan.
3.
Media Audio Visual
1) Guru memahami materi/bahan ajar yang
akan disampaikan
2) Guru memilih media yang akan
digunakan,Misal vidio
3) Guru membuat media yang sesuai
dengan materi/bahan ajar, media ini hendaknya memiliki suara yang dapat
didengar oleh seluruh sisiwa dan gambar yang dapat dilihat oleh seluruh siswa
4) Menyiapkan proses belajar
5) Memastikan media berjalan sesuai
dengan harapan
6) Menyiapkan siswa kemudian
menjelaskan kepada siswa apa yang harus mereka lakukan pada saat pembelajaran
7) Setelah segala persiapan selesai
baik dari siswa, media, bahan dan guru. Barulah guru memulai pelajaran
8) Guru mulai menggunkan media
9) Setelah penyampaian materi selesai,
guru bersama siswa secara bersama mengulas kembali materi yang telah dipelajari
bersama kemudian menyimpulkan.
4.
Media Asli dan Orang
1) Guru memahami materi/bahan ajar yang
akan disampaikan
2) Guru memilih media yang akan
dipakai, guru juga dapat menggunakan dirinya sendiri sebagai media atau meminta
bantuan siswa
6
3) Menyiapkan proses belajar
4) Menyiapkan siswa kemudian
menjelaskan kepada siswa apa yang harus mereka lakukan pada saat pembelajaran
5) Setelah segala persiapan selesai
baik dari siswa, media, bahan dan guru. Barulah guru memulai pelajaran
6) Guru mulai menggunakan media
7) Setelah penyampaian materi selesai,
guru bersama siswa secara bersama mengulas kembali materi yang telah dipelajari
bersama kemudian menyimpulkan.
7
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Tidak diragukan lagi kita semua dapat
sepakat bahwa media itu perlu dalam pembelajaran. Kalau sampai hari ini masih
ada yang belum menggunakan media, itu hanya perlu sedikit perubahan sikap. Dalam memilih
media, perlu disesuaikan dengan kebutuhan, situasi dan kondisi masing-masing.
Kelancaran dan efektivitas pembelajaran antara lain didukung
oleh kehadiran alat bantu/media/sumber belajar yang tersedia. Ketersediaan alat
bantu/media/sumber belajar memungkinkan siswa dapat belajar lebih baik, lebih
intensif, dan lebih banyak potensi yang dapat dikembangkan. Oleh karena itu,
alat bantu/media/sumber belajar perlu dihadirkan dengan tepat dan seorang
guru harus mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran.
B.
Saran
Seorang
pendidik yang professional kita harus mengetahui apa itu media dan bagaimana
penggunaan media dalam pmbelajaran Qur’an Hadist.
8
DAFTAR PUSTAKA
Arsad Azhar, 2008, Media
Pembelajaran ,Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Bahri Djamarah dan Aswan Zain, 2006, Strategi
Belajar Mengajar ,Jakarta: PT Rineka Cipta
Www.Google.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar